Kamis, 26 Juli 2018

Pelatihan Sablon Manual Sebagai Upaya Pengembangan Bumdes


       Katol Barat - Teknik sablon kaos manual adalah teknik yang paling masyhur dalam dunia percetakan maupun penyablonan. Selain peralatannya yang sederhana dan terjangkau, kualitas dari sablon kaos manual memang belum tertandingi.Bahkan oleh sablon kaos digital sekalipun. Kalaupun ada yang kualitasnya bagus, harganya pun tentu tak semurah sablon kaos dengan teknik manual. Selain itu, jasa penyedia kursus sablon kaos manual pun semakin banyak dan membuat demand  jasa sablon kaos di Indonesia semakin meningkat. Hal ini pun membuat sablon kaos dengan teknik manual semakin populer.
     Sablon sebagai kegiatan kreatif yang menjadi penghasilan relatif cukup sangat digemari dari berbagai kalangan mulai dari yang muda hingga tua, hal ini pun yang melatar belakangi tim KKN 73 untuk membuat proker sablon manual khususnya untuk kaos atau pakaian sebagai upaya pengembangan Bumdes. sebelum program kerja ini berjalan tim kkn 73 Universitas Trunojoyo Madura melakukan persiapan dan mengkaji terlebih dahulu apakah pantas atau tidaknya proker ini diadakan, mulai dari tim kkn 73 berkonsultasi kepada dosen pembimbing sebagai pengawas dan pemberi masukan kepada tim kkn 73, memberikan tawaran terlebih dahulu kepada kepala desa selaku pemimpin desa yang lebih mengetahui kondisi lingkungan dari segi sosial dan sumberdaya manusianya agar program kerja berjalan secara maksimal.
     Ds. Katol Barat merupakan desa yang mayoritas penduduknya lebih memilih untuk menjadi tenaga kerja di negara tetangga atau negara lain,  hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya sosial dan ekonomi. begitupun juga dengan pendidikan Ds. Katol Barat setelah dilakukan pendataan mayoritas penduduk lulusan sekoah dasar. Beberapa hal tersebut semakin membulatkan niat tim kkn 73 untuk melaksanakan program kerja pelatihan sablon manual yang sangat didukung oleh dosen pembimbing dan kepala desa yang mau menyumbang dana untuk pembelian alat- alat sablon manual hal ini termasuk sangat membantu untuk kesuksesan tim kkn 73. 
     Kegiatan program kerja pelatihan sablon manual dilaksanakan pada tanggal 26-29 juli. peserta pelatihan terdiri dari laki-laki usia muda dan tua berjumlah kurang dari sepuluh peserta hal ini sengaja sudah direncanakan oleh tim kkn 73 untuk tidak membatasi usia dan tidak banyak peserta agar pelatihan berjalan dengan efektif. Begitupun juga dengan waktu yang lumayan lama untuk melaksanakan proker ini dikarenakan seluruh peserta sama sekali belum mengenal tentang dunia sablon membuat tim kkn 73 harus lebih bekerja keras untuk mendapatkan hasil maksimal selama pelatihan.
      Kegiatan proker dimulai dari pengenalan alat sablon seperti kanvas saring, gesut, afdruk dll. Dalam setiap pengenalan, pelatih berusaha untuk mempraktekan fungsi atau nilai guna dari alat tersebut jadi pelatih mencoba untuk menjalin relasi kepada setiap peserta pelatihan agar mampu menerima dan memahami saat pelatihan. contoh seperti proses afdruk pelatih mengenalkan dan setelah itu mempraktekan sendiri dan di ikuti oleh peserta pelatihan proses afdruk, peserta mengikuti dengan baik instruksi dari pelatih dan mereka berhasil dalam proses afdruk tanpa instruksi dari pelatih.
       Hal ini salah satu contoh keberhasilan yang dicapai oleh peserta pelatihan sablon manual yang mampu dan menerima pelatihan sablon manual dan diharapkan oleh segenap anggota kkn 73 Univeraitas Trunojoyo Madura akan menjadi hasil yang berguna dan merubah masyarakat Ds. Katol Barat menjadi lebih baik dari sebelumnya.(26/07/2018)

#KKN73_2018

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search