Sabtu, 28 Juli 2018

BUMDes Untuk Peningkatan Kesejahteraan DesaBUMDes Untuk Peningkatan Kesejahteraan Desa


   
         DESA Katol Barat , PERKEMBANGAN DESA, POTENSI DESA, BETAPA PENTINGNYA MEMBANGUN INDONESIA DARI DESA DAN DAERAH PINGGIRAN DAN BUMDES ADALAH SALAH SATU KUNCINYA. BUMDES MERUPAKAN PILAR KEGIATAN EKONOMI DI DESA YANG BERFUNGSI SEBAGAI LEMBAGA SOSIAL DAN KOMERSIAL.
       Desa yang sekarang sudah bisa aktif turut membangun, perlu disokong dengan dana. Artinya, dana desa diadakan dengan dua cita-cita: pemerintah desa lebih bisa sanggup melayani kebutuhan warga, sekaligus warganya lebih aktif berinisiatif. Salah satu wadah untuk memajukan ekonomi desa adalah Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.
         BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang ada di Desa Katol Barat, memiliki berbagai potensi dan kegiatan yang  secara langsung dikelola oleh beberapa orang staf dari warga sekitar dan diawasi oleh desa. BUMDes Katol Barat berupaya untuk  aktif dan ikut andil dengan berbagai kegiatan antara lain UKM (Usaha Kecil Menengah), juga KOSIPA (Koperasi Simpan Pinjam).
Banyak sekali  cara yang dilakukan untuk memajukan perekonomian yang ada di daerah-daerah, seperti mengadakan pelatihan untuk membangun semangat dalam wirausaha atau salah satunya adalah membangun sebuah badan usaha yang dikelola secara langsung oleh desa itu sendiri. Seperti yang dicontohkan dan  dilakukan di Desa Katol Barat yang berada di Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan.
Aktifnya BUMDes Katol Barat membuat Kecamatan geger,  salah satu daerah yang berada di Kabupaten Bangkalan, Madura Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu objek untuk proker mahasiswa - mahasiswi Kkn 73 Universitas Trunojoyo Madura berupa pelatihan sablon menyablon baik itu kain, ataupun kaos sebagai oleh-oleh khas Katol barat.
       Sehingga akan membuat desa Katol barat memiliki keahlian dan kemampuan baru berupa sablon, yang nantinya akan dapat dikembangkan di desa Katol barat.
Lukman Hakim selaku kepala desa mengatakan bahwa pelatihan ini akan sangat berguna bagi masyarakat sekitar dan mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.
           BUMDes sangat bermanfaat bagi warga desa karena hasil dari keuntungan BUMDes akan berguna untuk masyarakat juga. Seperti untuk pembangunan infrastruktur desa, dan hal lainnya. Namun, masih disayangkan bahwa di Katol barat ini masih belum terlalu paham tentang fungsi dan manfaat dari BUMDes sebenarnya. Maka dari itu, diharapkan pelatihan ini dapat menyatukan persepsi bahwa BUMDes sangat penting untuk pembangunan desa itu sendiri.
     Fungsi awal BUMDes adalah untuk memajukan warga desa serta dapat mengembangkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. "Harapan saya setelah adanya studi banding BUMDes ini agar para peserta yang hadir dapat menggali potensi di desanya masing-masing. Sebelum itu, harus ada penyatuan persepsi bahwa BUMDes sangat penting untuk membangun desa dengan belajar pada yang sudah ahli atau terjun langsung dengan BUMDes itu sendiri. Seperti sekarang pada saat kami berkunjung di Katol Barat.”
     

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search