Sabtu, 12 Agustus 2017

LOMBA LAYANG-LAYANG, TRADISI MASYARAKAT YANG MASIH LESTARI DI KATOL BARAT



Permainan layang-layang - Seperti yang kita ketahui permainan layang-layang merupakan sebuah permainan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Akan tetapi, seperti yang kita ketahui pada umumnya permainan layang-layang banyak di minati oleh kaum laki-laki di bandingkan dengan perempuan. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan kaum perempuanpun bisa turut serta dalam melakukan permainan layang-layang. Permainan layang-layang biasanya di lakukan ketika dalam kondisi angin sedang bersahabat, hal ini dilakukan untuk mengisi waktu luang. Misalnya, seperti yang biasa dilakukan oleh anak-anak kecil ketika usai pulang dari sekolah dan orang-orang dewasa ketika pulang dari tempat kerja, hal ini tak lain untuk mencari hiburan semata. Bentuk dari layang-layanganpun berbagai macam variasi, mulai dari bentuk segi layang-layang hingga berbentuk hewan dan benda-benda seperti pesawat terbang dan lain-lain.
Perlu diketahui, layang-layang bukan hanya sekedar menjadi sebuah permainan belaka yang dilakukan oleh seseorang, untuk mengisi waktu luang mereka untuk bersenang-senang. Akan tetapi, dalam momen tertentu layang-layang ternyata bisa dilakukan sebagai ajang perlombaan. Seperti yang dilakukan oleh warga yang ada di desa Katol Barat, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Momen perlombaan layang-layang ini menjadi sebuah tradisi budaya warga di Desa Katol Barat yang biasa dilakukan setiap satu tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk menarik minat warga untuk bermain layang-layang dan memberikan momen khusus terutama bagi warga yang memiliki kegemaran atau hobi dalam bermain layang-layang.
Adapun dalam sistem perlombaan layang-layang ini warga diberikan kesempatan untuk saling memainkan layang-layang dengan durasi waktu yang dilihat dari batok kelapa yang di letakkan di atas air. Ketika batok kelapa tersebut sudah mulai terisi penuh dengan air hingga tenggelam maka, durasi waktu yang diberikan untuk bermain layang-layang dinyatakan selesai dan pemenang dilihat dari layang-layang yang terbangnya lebih tinggi di bandingkan dengan peserta yang lain. Perlombaan layang-layang ini menjadi sebuah tradisi unik tersendiri yang terdapat di Desa Katol Barat. Yang tidak hanya di gemari oleh warga Desa Katol Barat, akan tetapi juga banyak di gemari oleh warga sekitar. Sehingga teradisi ini masih tetap dilestarikan hingga saat ini. (11/08).

[full-width]

Posting Komentar

Start typing and press Enter to search